Saturday, May 23, 2015

Cara Meningkatkan Penjualan Online Melalui Media Sosial

melakukan penjualan online lewat media sosial
Media Sosial sudah terbukti dan banyak digunakan untuk berjualan online yang sangat efektif. Dengan tingginya trafik di media sosial tersebut setiap menit nya, banyak penjual online yang mencoba menawarkan berbagai produk mereka untuk dijual baik melalui teman ke teman ataupun dari website ke website, berbagai grup jual beli ataupun mengiklan di sebuah website penjualan.




Jika saat ini anda sedang ingin memulai atau sedang berjualan online di Media Sosial, berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk penjualan online anda, silakan disimak dibawah ini

Pastikan customer anda mengetahui brand toko anda sendiri 

contoh brand toko penjualan online
contoh brand toko
Langkah awal anda untuk berjualan online melalui media sosial adalah dengan membuat sebuah akun atau halaman fanpage baik itu facebook, twitter, instagram, dsb. Dan akan lebih mudah lagi jika anda memulai dengan sebuah akun yang anda beri nama sesuai dengan brand toko yang anda miliki. Bayangkan saja bahwa akun tersebut adalah toko anda sendiri, sehingga anda harus mencantumkan setiap informasi yang diperlukan, contohnya seperti Logo toko, kontak yang bisa dihubungi, deskripsi jelas mengenai toko anda dan juga metode pembayarannya. Deskripsi yang lengkap akan membantu branding sekaligus meningkatkan kerpercayaan customer kepada anda.

Upload foto & deskripsi produk anda dengan jelas di iklan

deskripsi produk yang ingin anda jual
contoh deskripsi produk yang ingin anda jual



Kemudian langkah selanjutnya adalah dengan memasukan gambar foto & deskripsi produk yang akan ingin anda jual lewat website ataupun media sosial. Gunakanlah gambar dengan kualiatas bagus & jelas, supaya customer dapat membayangkan produk yang ingin mereka beli. Artikel ini dapat anda jadikan referensi bagaimana cara mengambil foto untuk gambar produk anda dengan benar. Di samping itu, produk deskripsi sangatlah penting. Pastikan Anda memberikan informasi yang selengkap-lengkap mengenai kondisi, harga, ukuran, jenis, dll.

Membuat website eCommerce untuk toko online anda sendiri

contoh website toko online
salah satu contoh toko online yang sudah sukses



















Metode berjualan melalui media sosial hanya bisa anda lakukan ketika ukuran bisnis yang anda kelola masih terbilang kecil. Bayangkan jika anda memiliki ratusan hingga ribuan produk & order anda sudah sangat banyak, pasti anda akan menghadapi banyak kendala dalam memperbesar bisnis anda. Hal tersebut disebabkan karena Media Sosial bukanlah alat untuk berjualan secara online.

Yang Anda harus lakukan adalah membuat online shop anda berpindah dari media sosial ke website toko online anda sendiri. Website eCommerce akan membantu anda mengatur flow bisnis Anda dengan lebih baik & scalable.

Distribusikan toko Anda sesuai dengan target market

target market online shop
sebuah tarket market



Salah satu bagian terpenting dalam berjualan online adalah dengan menentukan target market untuk produk yang akan anda jual, seperti gender, usia, kebiasaan, dll. Seringkali seller online menyalahgunakan fitur tagging yang ada di media sosial. Cara berjualan seperti itu tidak akan menghasilkan konversi penjualan yang baik, karena tidak terarah pada target market yang tepat.

Setelah Anda mengetahui target market anda, gunakan berbagai channel seperti group online yang sesuai dengan produk yang ingin anda jual, contohnya lewat facebook dan media sosial lainnya.

Persiapkan flow transaksi dengan benar

contoh jasa rekening bersama
contoh menggunakan jasa rekber



Ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan ketika customer mulai tertarik hingga akhirnya membeli produk Anda. 

1. Bersiaplah untuk menjawab segala pertanyaan dari customer mengenai produk yang anda jual. Sebisa mungkin pindahkan percakapan anda ke ruang yg lebih privat, seperti BBM, whatsapp, dll.
2. Ketika customer melakukan order, pastikan customer mengetahui cara melakukan pembayarannya, biaya kirim & tujuan pengiriman. Jasa rekber akan membantu anda menerima pembayaran secara online dengan lebih mudah & aman.
3. Setelah pembayaran dilakukan, anda bisa langsung mem-packing barang yang sudah customer pesan dan melakukan pengiriman ke customer.
4. Dan yang terakhir adalah dapatkan feedback atau biasa disebut dengan testimonial mengenai produk & pelayanan toko anda,  untuk meningkatkan kualitas online shop yang anda miliki.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya anda bisa memilih cara marketing online yang cocok dengan anda. Saran saya, jika anda dapat melakukan semuanya, sebaiknya anda lakukan saja. Karna potensi sekecil apapun jika dikombinasikan dengan sesuatu yang baik, pasti akan menghasilkan manfaat yang optimal. 

Semoga artikel saya ini bisa membantu anda dalam meningkatkan penjualan online, Terimakasih.

No comments:

Post a Comment