Saturday, January 25, 2014

Manfaat Kemangi


daun kemangi manfaatDaun kemangi selain enak dilalap juga mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Sejumlah flavonoid yang dikandung kemangi bermanfaat membantu melindungi sel-sel dan kromoson dari kerusakan. Dua di antaranya orientin dan vicenin dapat melindungi sel dan kromoson dari kerusakan akibat radiasi.






Sedangkan minyak esensial kemangi terbukti menghambat pertumbuhan dan penyebaran beberapa jenis bakteri yang kebal antibiotik seperti bakteri staphylococcus, enterococcus, pseudomonas, E. coli dan beberapa lainnya.

Minyak kemangi eugenol mempunyai efek antiradang seperti radang sendi dan radang usus.

Kemangi juga mengandung vitamin A yang mencegah kerusak sel akibat radikal bebas, dan mengoksidasi kolestrol darah sehingga mencegah penumpukan kolestrol dalam pembunuh darah. Selain itu juga ada mineral magnesium yang membantu merelakskan jantung dan pembuluh darah sehingga memperlancar aliran darah. Nutrisi lain adalah besi, kalsium, kalium, dan vitamin C. Nah, mari ramai-ramai mengkonsumsi kemangi segar, sebagai lalapan atau salad. Selain itu sertakan dalam masakan seperti pepes ikan.

Kandungan pada daun kemangi antara lain adalah betakaroten (provitamin A) dan vitamin C. Peran Betakaroten antara lain mendukung fungsi penglihatan, meningkatkan respon antibodi (memengaruhi fungsi kekebalan tubuh), sintesis protein untuk mendukung proses pertumbuhan, dan beta karoten pada daun kemangi juga berfungsi sebagai antioksidan.

Sebagaimana disebutkan dalam buku A Dictionary of Practical Material Medical, sari daun kemangi berkhasiat untuk mengatasi diare, nyeri payudara, batu ginjal, gangguan pada vagina, dan albuminaria (terbuangnya albumin melalui urin).
Dan, para peneliti dari Center for New Crops and Plant Products, Purdue University, Amerika Serikat, menyatakan bahwa daun kemangi berpotensi membantu meredakan sakit kepala, pilek, diare, sembelit, cacingan, gangguan ginjal, sakit maag, perut kembung, masuk angin, kejang-kejang, dan badan lesu.

Secara tradisional manfaat daun kemangi di Indonesia sendiri digunakan untuk mengatasi perut kembung/masuk angin dan deman pada anak balita. Daun kemangi diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa, kemudian dioleskan ke perut, dada, dan punggung. Konsumsi lalap daun kemangi juga dipercaya clapat mencegah bau badan dan bau mulut, serta memperlancar ASI.

Dikutip dari Majalah Nirmala Mei 2010 dan berbagai sumber lainnya.


No comments:

Post a Comment